/5 Festival Musim Gugur yang Bikin Kamu Pengin ke Hong Kong

5 Festival Musim Gugur yang Bikin Kamu Pengin ke Hong Kong

Hong Kong adalah salah satu kota dengan beragam tradisi dan budaya sehingga menjadikan kota ini salah satu destinasi favorit wisatawan. Dan memasuki musim gugur, Hong Kong memiliki berbagai macam festival yang dapat kamu kunjungi.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai beberapa keunikan yang dimiliki negara tersebut, festival pertengahan musim gugur adalah salah satu perayaan terbesar di Hong Kong yang dirayakan hampir di setiap bagian kota. Dari sekian banyak tempat, ada satu tempat yang benar-benar memiliki peran penting dalam festival yang ada di Hong Kong yaitu di Tai Hang. Tai Hang adalah daerah tenggara Causeway Bay yang terletak di bagian tengah utara Pulau Hong Kong di Hong Kong.

Dilansir Have Halal Will Travel, berikut lima festival menarik yang dapat kamu temui di Hong Kong. Apa saja? Yuk simak.

1. Meriahnya Tai Hang Fire Dragon Dance

Jika kamu berpikir bahwa Festival Musim Gugur adalah semua tentang pameran lentera, lain hal dengan Thai Hang Fire Dragon Dance yang digelar di Hong Kong. Festival tarian naga yang digelar selama tiga malam berturut-turut ini merupakan salah satu acara yang ditunggu-tunggu oleh penduduk Hong Kong pada setiap tahunnya.

Pada zaman dulu festival tarian naga ini dilakukan guna mengusir roh jahat dan nasib buruk. Namun, seiring berjalannya waktu, tradisi yang masih bertahan hingga saat ini telah menjadi bagian penting dari Festival Musim Gugur yang ada di Hong Kong.

Selama festival ini digelar, beragam tari-tarian dilakukan oleh para peserta festival. Ribuan orang menunggu di jalanan dan lorong-lorong Tai Hang untuk melihat arak-arakan naga liong setinggi 67 meter yang dibuat dengan lebih dari 70.000 batang dupa dan ribuan petasan yang dibawa oleh sekitar 300 peserta terlatih, bahkan berat kepala naga itu sendiri mencapai 70 kg.

2. Menikmati Aneka Macam Mooncakes

Mooncakes (kue bulan) adalah makanan tradisional masyarakat Tionghoa yang menjadi sajian wajib pada perayaan Festival Musim Gugur. Saat Festival Musim Gugur, kamu dapat melihat deretan kue-kue bulan yang dijual diberbagai toko kue yang ada di Hong Kong.

Sampai saat ini, tradisi memberikan kue bulan kepada orang-orang yang mereka cintai selama Festival Musim Gugur menjadi salah satu ungkapkan kebahagiaan dan harapan agar orang yang mereka cintai selama ini panjang umur.

Kue Bulan secara klasik diisi dengan pasta biji teratai. Namun seiring waktu, beberapa pembuat kue tersebut telah membuat beberapa inovasi baru dengan menghadirkan berbagai macam rasa seperti durian, teh hijau, custard telur dan kacang merah. Dan bagi wisatawan Muslim, ada satu tempat di Hong Kong yang menjual kue bulan khusus bagi wisatawan Muslim di Chrisly Cafe.

3. Melihat Meriahnya Lentera Langit di Victoria Park

Sky lantern adalah salah satu perayaan ikonik yang ada di Hong Kong. Kamu dapat melihat pemandangan yang indah dari lentera-lentera tersebut di Victoria Park yang berjarak hanya beberapa menit dari Tai Hang. Tidak hanya melihat lentera-lentera tersebut, kamu juga dapat melihat bagaimana seni pembuatan lentera tradisional yang ada di Hong Kong.

Di sekitar Victoria Park kamu dapat melihat penduduk setempat bersiap untuk menciptakan lentera mereka sendiri sebelum melepaskannya ke langit. Lentera tersebut memiliki berbagai macam bentuk yang berbeda. Bisa menyerupai binatang, tumbuhan, atau bunga dan yang lainnya.

4. Melihat pameran budaya di pusat Kota Tai Hang

Selain Tai Hang Fire Dragon Dance yang menjadi daya tarik saat festival musim gugur di Hong Kong. Kamu juga dapat menjadi bagian dari program budaya di Victoria Park. Meskipun program yang ditawarkan bervariasi disetiap tahunnya, pengunjung masih dapat mengharapkan pertunjukan seperti demonstrasi kung fu, lagu daerah, pertunjukan tari, akrobatik dan berbagai hiburan yang cocok untuk keluarga.

Sambil melihat indahnya malam di kota Hong Kong, pengunjung juga dapat mengetahui lebih dalam tentang budaya Hong Kong dan menikmati perayaan festival tersebut bersama penduduk setempat. Apalagi acara tersebut juga gratis, sehingga pengunjung dapat mengunjungi beberapa tempat di sekitar taman untuk melihat berbagai kegiatan yang ada.

5. Melihat Pameran Seni The Moon Rabbit Lumiere di Lee Tung Avenue

Salah satu instalasi seni yang belum lama ini diluncurkan yaitu The Moon Rabbit Lumiere. Kehadiran instalasi yang turut meramaikan Festival Musim Gugur ini dapat kamu jumpai langsung di Lee Tung Avenue, Hong Kong. Pameran instalasi seni tiup kelas dunia yang telah muncul di lebih dari 80 kota ini akan menghadirkan karya hasil kerja sama dengan seniman Australia yang terkenal di dunia yaitu Amanda Parer.

Satu hal yang paling menarik dan jangan sampai kamu lewatkan adalah melihat lebih dari 800 lentera berwarna-warni yang indah dengan mengusung konsep “Avenue of Lights” di Pameran Seni The Moon Rabbit.