/5 Tips Memilih Semangka yang Manis dan Matang Sempurna

5 Tips Memilih Semangka yang Manis dan Matang Sempurna

Saat cuaca terik, semangka tampaknya menjadi salah satu buah tropis yang banyak diburu masyarakat. Dengan kandungan air yang tinggi, yakni mencapai 91 persen, segarnya semangka dapat menghalau rasa haus dan panas yang membuat tenggorokan kering.

Meski dikenal sebagai salah satu buah dengan cita rasa paling segar, saat membeli semangka, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting saat membelinya di pasaran. Jika membelinya secara sembarangan, maka alih-alih mendapat buah semangka yang manis, bisa jadi kamu malah akan mendapatkan semangka yang hambar dan terasa ‘anyep’ saat disantap.

Untuk itu, berikut rangkuman lima tips praktis yang dapat kamu praktikkan saat membeli buah semangka. Apa saja?

1. Memeriksa ‘field spot’ pada permukaan semangka

Field spot adalah bercak kekuningan pada permukaan buah semangka yang muncul bila buah semangka bersentuhan langsung dengan tanah. Bercak berwarna kuning yang umumnya ada di bagian bawah semangka ini dapat menjadi salah satu indikasi kematang buah. Semakin lebar dan berwarna kuning bercak tersebut, berarti semakin lama pula semangka ditanam. Sebaliknya, bila semangka hanya memiliki field spot berukuran kecil dengan warna yang terkesan pucat, berarti semangka tersebut dipanen lebih awal sebelum benar-benar matang.

2. Pastikan kulit semangka berwarna hijau tua

Selain memeriksa field spot, usahakan untuk membeli semangka yang memiliki warna kulit cenderung tua dan kusam. Semangka dengan warna kulit lebih muda dan cenderung mengkilap biasanya dipanen dalam waktu yang relatif lebih awal, sehingga rasanya pun tak semanis semangka dengan kulit hijau tua. Pastikan juga permukaan semangka mulus dan tidak ada bekas goresan atau sayatan, yang akan mempengaruhi cita rasa daging buah.

3. Mengetuk permukaan semangka

Setelah memeriksa permukaan semangka, angkat buah lalu rasakan bobot semangka yang akan kamu beli. Semangka yang berkualitas baik akan memiliki berat yang sesuai dengan ukuran buah.

Selain mengangkatnya, kamu juga dapat mengetuk permukaan semangka untuk memeriksa kepadatan daging buah. Semangka yang matang sempurna akan mengeluarkan suara yang berat dan penuh saat diketuk. Sebaliknya, semangka yang memiliki banyak rongga di dalamnya akan berbunyi lebih nyaring saat diketuk.

4. Perhatikan warna daging buah

Bila kamu hendak membeli semangka yang sudah dipotong, perhatikan warna pada permukaan daging buah. Semangka yang matang sempurna akan memiliki warna merah yang terlihat segar dan ranum. Setelah itu, tekan secara perlahan permukaan daging semangka dengan jari telunjuk. Bila semangka masih mengeluarkan air saat ditekan, berarti daging buah masih segar dan renyah.

5. Menambahkan garam pada permukaan daging buah

Terlanjur membeli semangka yang tak terlalu manis? Jangan khawatir, kamu dapat menyiasatinya dengan menaburkan sejumput garam di permukaan semangka. Ya, garam dipercaya dapat mengeluarkan rasa manis pada beberapa buah-buahan, salah satunya semangka. Sebaiknya, gunakan garam dapur dengan butiran yang agak kasar agar rasa asin garam tak terlalu cepat meresap ke dalam semangka.