Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

6 Fakta Pernyataan Jokowi Dan Prabowo Dalam Debat Pertama Pilpress 2019

6 Fakta Pernyataan Jokowi Dan Prabowo Dalam Debat Pertama Pilpress 2019

Axaberita.com – Debat pertama pilpres calon dan wakil presiden 2019 dimulai pada tanggal 17-1-2019 Malam.

Dalam debat yang berlangsung dilaksanakan oleh KPU Komisi Pemilihan Umum di Gedung Bidakara Jakarta. Proses debat juga berlangsung menarik kedua calon presiden menyampaikan beberapa pernyataan.

axaberita.com berniat ingin memberikan beberapa fakta yang dikatakan oleh kedua paslon 01 dan 02.

Berikut ulasan fakta tersebut antara lain.

  1. Menteri Perempuan

Pak Joko Widodo (calon presiden) dengan nomor urut 01 menyampaikan bahwa ada 9 perempuan yang menjadi menteri di kabinetnya.

“Di kabinet saya ada 9 perempuan yang menempati tempat strategis. Misalnya Menlu, Menteri BUMN, Menteri Keuangan, Menteri LHK, Menteri Kelautan Dan Perikanan,” Ucap Jokowi.

Berdasarkan hasil penelusuran Axaberita.com menteri wanita di kabenit Jokowi-yusuf kalla saat ini adalah :

  • Sri Mulyani Sebagai Menteri Keuangan
  • Susi Pudjiastuti Sebagai Menteri Kelautan Dan Perikanan
  • Retno Marsudi Sebagai Menteri Luar Negeri
  • Rini SOemarno Sebagai Menteri BUMN
  • Nila F Moelok Sebagai Menteri Kesehatan
  • Puan Maharani Sebagai Menteri Koordiantor Pembangunan Manusia Dan kebudayaan
  • Yohana Susana Yembise Sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuaan Dan Perlindungan Anak
  • Siti Nurbaya Bakar Sebagai Menteri Lingkungan HIdup Dan Kehutanan.

  2. Jawa Tengah 10x Lebih Luas Dari Malaysia

Pak Prabowo Subianto calon presiden nomor 02 membicarakan masalah kualitas hidup dan kesejahteraan pejabat di daerah yang tidak sebanding dengan luas wilayah yang ditanganinya.

Dalam penyampaian itu, Ketua umum dari partai Gerindra mengatakan bahwa luas wilayah jawa tengah lebih besar daripada wilayah negara malaysia, Gaji pejabat tersebut terbilang tidak terlalu besar.

“Sebagai contoh, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp. 8jt? Kemudian dia harus mengelola provinsi. umpamannya Jawa tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar,” ucap Prabowo.

Berdasarkan hasil dari Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan informasi bahwa luas wilayah jawa tengah pada tahun 2017 adalah 32.544,12 Km (kilometer) persegi. Sementara wilayah malaysia seluruhnya seluas 330.323 kilometer persegi.

  3. Putri Presiden Jokowi Tidak Lulus Tes CPNS

Dalam berlangsungnya debat tersebut jokowi menyinggung masalah anak perempunya Kahiyang Ayu yang tidak berhasil lolos CPNS. Menurut Pak Jokowi hal tersebut terbukti proses seleksi (aparatur sipil negara) di era pemerintahannya sudah berjalan secara transparan dan akuntabel.

Jokowi menyampaikan “(soal tes CPNS) rekrutmennya berjalan dengan transparan, akuntabel, dan bisa semua orang melihat dan sekarang sudah kita lakukan. Semuanya bisa check, Hasilnya juga bisa cek anak saya tidak bisa diterima disitu karena tidak lulus.”

Dalam penelusuran axaberita.com pada 2017 putri pak jokowi memang mengikuti tes CPNS sebagai pemeriksa pertama pemerintah kota Surakarta.

Berdasarkan keterangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) saat itu, Yuddy Chrisnandi, pihaknya menjamin tidak ada keistimewaan yang diberikan kepada Kahiyang.

Total nilai Kahiyang saat itu adalah 300, dengan rincian 50 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 95 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 155 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Capaian nilai tersebut tidak memenuhi syarat lolos seleksi sesuai dengan peraturan yang ada.

Baca juga: CEK FAKTA: Anak Presiden Jokowi Tidak Lulus Tes CPNS

  4. Pernyataan Prabowo “Tax Ratio”

Prabowo mengatakan bahwa maraknya korupsi yang terjadi di Indonesia disebabkan penghasilan ASN yang terbilang sangat kecil.

Karena hal tersebut, calon presiden nomor urut 02 ini berjanji akan menaikkan rasio pajak sehingga gaji ASN dapat meningkat.

“Kita tingkatkan tax ratio yang sekarang berada 10 persen bahkan lebih rendah, saya akan kembalikan ke 16 (persen) tax ratio,” ucapPrabowo.

Dari data Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, pada tahun 2018, indeks tax ratio Indonesia mengalami peningkatan sebesar 0,8 persen, menjadi 11,5 persen.

  5. Bonus Atlet Asian Para Games

Jokowi jgua menyatakan bonus yang diberikan untuk para altet asian para games 2018 lalu sama besar dengan bonus atlet asian games 2018.

“Misalnya yang mendapatkan medail emas dapat Rp. 1,5 Milliar yang mendapatkan perak bisa kita berikan bonus Rp. 500juta yang dapat perunggu kita berikan Rp. 250juta sama seperti atlet-atlet yang berlaga di Asian Games,””Kata Jokowi

Hasil penelusuran yang dilakukan oleh Axaberita.com  berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 63 Tahun 2018, atlet peraih emas untuk tunggal mendapat Rp 1,5 miliar, ganda Rp 1 miliar, dan beregu Rp 750 juta.

Peraih medali perak untuk tunggal Rp 500 juta, ganda Rp 400 juta, dan beregu Rp 300 juta. Sementara, peraih medali perunggu untuk tunggal Rp 250 juta, ganda Rp 200 juta, dan beregu Rp 150 juta.

  6.  Gaji Gubernur Rp 8jt

Prabowo menyampaikan bahwa gaji gubuernur hanya Rp. 8jt saja.

“Kami menilai perlu ada langkah-langkah konkret. Bagaimana bisa seorang gubernur hanya bergaji Rp 8jt?” Ucap Prabowo

Hasil Investigasi axaberita.com Gaji kepala daerah mengacu pada peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2000

Dalam peraturan tersebut besaran gaji utama kepada daerah tingkat provinsi sebesar Rp 3 juta perbulan.

Berdasarkan Kepurusan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2001, tunjangan jabatan kepala daerah tingkat provinsi sebesar 5,4 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *