/Garam Bisa Membuat Semangka Semakin Manis, Kenapa?

Garam Bisa Membuat Semangka Semakin Manis, Kenapa?

Di tengah teriknya cuaca tropis Indonesia, memang paling nikmat menyantap buah-buahan segar, salah satunya semangka. Dengan kandungan air yang cukup tinggi, rasa manis menyegarkan buah berukuran besar ini sanggup meredam dahaga.

Meski dikenal sebagai buah yang manis, kadang ada juga buah semangka yang memiliki rasa hambar sehingga kurang menyegarkan saat disantap. Untuk menyiasatinya, biasanya orang-orang akan mengolah kembali buah semangka dengan menambahkan gula atau pemanis lainnya.

Ternyata, ada satu cara lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa manis pada semangka, lho. Bukan dengan tambahan gula, ternyata rasa manis semangka bisa ditingkatkan dengan menaburkan beberapa jumput garam di atas daging buahnya.

Meski terdengar aneh, nyatanya, cara unik ini sangat populer di beberapa negara, seperti Jepang dan negara Asia Timur lainnya. Selain meningkatkan rasa manis, garam dipercaya akan membuat cita rasa semangka semakin menyegarkan.

Lalu, kenapa taburan garam bisa membuat semangka bertambah manis? Ada beberapa penyebab kenapa taburan garam membuat rasa manis dan segar buah semangka semakin keluar. Dilansir Huffington Post, semangka memiliki tiga unsur rasa utama yang ada di dalam dagingnya, yaitu manis, asam, dan pahit.

Meski rasa pahit buah semangka hampir tidak terasa saat kita memakannya, namun rasa pahit inilah yang menahan manis di dalam semangka sehingga rasanya lebih hambar. Sedangkan, garam memiliki efek untuk menghilangkan rasa pahit sehingga cita rasa manis pada daging buah semangka akan terasa lebih kuat.

Selain meningkatkan rasa manis pada daging buah, garam juga akan membuat semangka terasa lebih menyegarkan, terlebih bila disantap di tengah cuaca panas. Saat terik, tubuh otomatis akan kehilangan banyak natrium yang dikeluarkan melalui keringat.

Secara tidak sadar, tubuh kita akan menginginkan asupan makanan yang memiliki kandungan natrium tinggi agar tubuh tetap segar dan terjaga keseimbangannya. Dan di antara banyaknya sumber natrium, garam masuk ke dalam bahan makanan yang mengandung natrium dalam dosis sangat tinggi. Jadi jangan heran, semangka yang telah dibubuhi garam akan terasa jauh lebih segar karena memang tubuh sedang membutuhkan asupan natrium dalam jumlah banyak.

Bagaimana, tertarik menambahkan garam pada buah semangka favoritmu?