/Melihat Kuil Gotokuji, Tempat Kelahiran Maneki Neko di Jepang

Melihat Kuil Gotokuji, Tempat Kelahiran Maneki Neko di Jepang

Jika kamu ke sebuah toko, pasti sering melihat Maneki Neko atau patung kucing yang melambaikan satu tangannya, bukan? Ya, banyak orang yang mengatakan bahwa patung yang dianggap membawa keberuntungan itu berasal dari China. Padahal, Maneki Neko berasal dari Negeri Sakura, Jepang.

Di Jepang sendiri, banyak yang mengatakan bahwa patung kucing ini berasal dari Distik Setagaya yang ada di Tokyo, tepatnya dari Kuil Gotokuji. Hal ini karena dikabarkan bahwa Kuil Gotokuji menjadi saksi bisu lahirnya Maneki Neko.

Dilansir dari berbagai sumber, di awal abad ke 18 tepatnya di Zaman Edo, Li Naotaka, yaitu penguasa kedua dari Omi-Hikone Domain, terjebak badai saat sedang melakukan perjalanan. Saat itu, ia melihat seekor kucing yang tampak melambai padanya seolah mengajaknya masuk ke dalam sebuah kuil.

Karena hal ini, Li merasa terselamatkan dan menyumbangkan padi, serta tanah untuk kuil sebagai ucapan terima kasih. Sumbangan inilah yang membuat kehidupan kuil menjadi lebih makmur dan sejahtera.

Sejak saat itu, kuil Buddha ini menjadi tempat kelahiran Maneki Neko atau figur kucing keberuntungan yang dikatakan membawa nasib baik. Kini, patung yang menggambarkan kucing duduk dengan memberikan isyarat telapak tangan ini menjadi sangat populer di seluruh dunia.

Kini, Kuil Gotokuji dipenuhi patung kucing dari pengunjung yang datang. Dengan ukuran beraneka ragam, mulai dari 3 sentimeter hingga setinggi kaki.

Pengunjung yang datang ke Kuil Gotokuji juga sering membeli patung kucing untuk membuat permohonan dan berdoa. Setelah itu, biasanya mereka sengaja meninggalkan patung di dalam kuil. Namun, ada juga yang membawanya pulang dan menyimpannya sampai keinginan atau doanya terpenuhi.