Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Serba-Serbi Copa America

Serba-Serbi Copa America

Axaberita.com – Copa Amerika atau dikenal juga dengan nama Piala Amerika yang merupakan kejuaraan internasional negara-negara Amerika Latin yang diselenggarakan oleh konfederasi sepakbola Amerika Latin, CONMEBOL.

Kejuaraan ini sudah dibentuk sejak 1916 silam, kala itu Argentina menjadi negara tuan rumah kejuaraan Copa America.

Pemenang dari kejuaraan ini akan dapat bermain di Piala Konfederasi edisi berikutnya sebagai wakil dari CONMEBOL.

Dan tim yang berhasil menjadi juara pada kejuaraan ini untuk pertama kalinya adalah Uruguay. Runner-up kejuaraan pada saat itu adalah Argentina.

Dari pertama kali dibentuk hingga saat ini sudah ada 8 tim Amerika Latin dair 10 negara yang berhasil menjadi kampiun Copa America.

Kedelapan tim yang dimaksudkan adalah Uruguay (15 kali juara), Argentina (14), Brazil (8), Paraguay (2), Cili (2), Peru (1), Kolombia (1) dan Bolivia (1).

Mulai pada kejuaraan edisi 1990-an, tepatnya pada tahun 1993, CONMEBOL dan Copa America memperkenalkan tim baru yang mengikuti kejuaraan yakni tim dari luar Amerika Selatan.

Selain itu CONMEBOL juga melakukan perubahan format kejuaraan dari yang awalnya diikuti oleh 10 tim saja menjadi 12-16 tim yang dapat berpartisipasi.

Tim-tim dari luar Amerika Selatan yang pernah merasakan kompetisi Copa America adalah Kosta Rika, Haiti, Honduras, Jamaika, Jepang, Meksiko, Panama, Qatar, dan Amerika Serikat.

Dan pada Copa America 2019 ini, CONMEBOL kembali mengundang tim dari luar Amerika Selatan, kali ini dari Asia yakni Jepang dan Qatar.

Keikutsertaan Jepang kali ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya Jepang sempat di undang pada 1999 silam.

Sementara bagi Qatar, negara Asia Barat ini di Copa America merupakan keikutsertaan mereka yang pertama kali.

Meksiko menjadi satu-satunya negara dari luar Amerika Selatan yang berhasil mencapai babak final Copa America dalam 2 kesempatan berbeda, yakni pada keikutsertaan yang pertama kali (1993) dan pada 2001 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *