/Tips Menghangatkan Kentang Goreng Sisa agar Tetap Renyah

Tips Menghangatkan Kentang Goreng Sisa agar Tetap Renyah

Tak bisa dipungkiri, rasa dari kentang goreng keluaran restoran fast food memang selalu berhasil menggugah selera makan. Ya, walau merupakan makanan cepat saji, kentang goreng menjadi salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang. Entah apa bumbu dan teknik rahasia yang digunakan untuk membuatnya terasa lezat, namun cita rasa dari kentang goreng buatan restoran fast food sangat khas dan membuat ketagihan.

Bahkan, banyak yang rela membelinya dalam porsi lebih untuk disisakan di rumah.

Sayangnya, tekstur renyah dari kentang goreng tak akan bertahan lama. Bila disantap beberapa jam setelahnya, ia akan menjadi lembek dan kurang sedap untuk disantap. Nah, untuk mengembalikan tekstur renyahnya, biasanya kentang goreng akan dihangatkan kembali. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan menghangatkannya menggunakan microwave. Namun, alih-alih akan menjadi renyah kembali, kentang goreng yang dihangatkan dengan microwave justru akan semakin layu dan lembek.

Lalu, bagaimana cara memanaskan kentang agar ‘segar’ kembali?

Dilansir NDTV, setidaknya ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat menyantap kembali kentang goreng kemarin malam dengan tekstur yang renyah. Pertama, menghangatkannya menggunakan kompor, dan yang kedua adalah memanggangnya di oven.

Ya, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kembali tekstur renyahnya adalah (tentu saja) menggorengnya kembali. Untuk takaran minyaknya, gunakan dua sendok makan minyak bertitik didih tinggi–misalnya minyak canola untuk setiap satu porsi kentang goreng.

Panaskan minyak di atas teflon besar, setidaknya yang ukurannya cukup untuk menampung sebungkus kentang goreng yang telah dibeli dari restoran. Lalu, sebarkan kentang goreng di atasnya dan masak selama kurang lebih satu menit. Setelah itu, balik kentang goreng dengan spatula dan masak kembali selama 30 detik. Bila sudah, taburkan garam untuk menambah rasa sebelum menyajikannya.

Nah, selain menggorengnya lagi, kamu juga bisa membuat kentang goreng kembali terasa ‘segar’ dengan menghangatkannya dalam oven. Pertama-tama, panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 232 derajat celsius. Kemudian, lapisi loyang pemanggang dengan aluminium foil agar kentang goreng tak menempel dan lebih mudah dibersihkan nantinya.

Letakkan kentang goreng di atasnya, dan jangan lupa beri jarak agar kentang tak terlalu berdekatan, ini dlakukan untuk mencegahnya agar tak menempel satu sama lain saat selesai dipanaskan. Taburi sedikit garam atau bumbu lainnya agar kentang yang akan dipanaskan tak terasa hambar.

Panaskan selama satu hingga dua menit, hingga kentang berwarna cokelat keemasan. Pastikan tekstur kentang goreng sudah renyah, atau bila belum mencapai tekstur yang diinginkan, kamu bisa memasukkannya lagi ke dalam oven. Meski tak serenyah seperti ketika baru pertama kali dibeli, setidaknya rasa dan tekstur dari kentang goreng akan menjadi lebih baik, dan tak lagi lembek atau layu.