/Tips Menyimpan Madu agar Awet

Tips Menyimpan Madu agar Awet

Tak hanya lezat, madu juga menyimpan banyak khasiat. Cairan berwarna keemasan yang dihasilkan oleh lebah ini bisa menjadi obat bagi beberapa penyakit. Agar madu tetap dalam kondisi baik, penting untuk memperhatikan penyimpanannya. Berikut empat langkah menyimpan madu agar tahan lama.

1. Simpan di Botol

Simpan madu di botol plastik maupun kaca kemudian tutup rapat. Madu yang disimpan di dalam botol tak hanya awet atau tahan lama tetapi juga bisa terbebas dari masalah mudah tumpah, dikerubuti semut atau tercemar debu maupun kotoran lainnya.

2. Pastikan Botol untuk Menyimpan Madu Kering

Saat menyimpan madu, sebelum memasukkan ke dalam botol pastikan bahwa botol untuk menyimpan madu bersih dan kering. Botol yang kotor dan basah akan mempengaruhi kualitas madu. Madu yang telah tercampur dengan bahan lain juga akan rentan rusak dan nutrisinya tidak sebagus saat masih murni.

3. Simpan di Tempat Kering dan Sejuk

Pastikan untuk menyimpan madu di tempat yang kering dan sejuk. Selain bisa membuat kualitas madu tetap terjaga, menempatkan madu di tempat kering dan sejuk akan menambah ketahanannya. Madu ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Hindari menyimpan madu di bawah paparan sinar matahari langsung.

4. Jauhkan Madu dari Makanan atau Apapun yang Berbau Menyengat

Usahakan untuk menyimpan madu jauh dari bahan makanan atau apapun yang berbau menyengat. Menyimpan madu di dekat segala sesuatu yang berbau menyengat akan membuat madu tercemar bau tersebut dan aromanya tak lagi khas.

Itulah beberapa cara menyimpan madu agar tahan lama. Semoga bermanfaat. Jika kamu punya tips atau cara lain dalam menyimpan madu, jangan lupa share di kolom komentar ya?